Jalan - Jalan ke Museum Macan

Museum Macan
 
Siapa yang tak tahu dengan Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara atau dikenal dengan nama Museum Macan. Museum yang berada di AKR Tower, Jalan Panjang No.5, Kebon Jeruk, RT.11/RW.10, Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat yang didirikan pada tahun 2017 ini belakangan tengah naik daun. Museum Macan adalah museum pertama di Indonesia yang memiliki koleksi seni modern dan kontemporer.

Saya dan empat orang teman kantor kemarin sempat mengunjungi Museum Macan. Kami kesini tentunya karena rasa penasaran akan cerita - cerita orang. Apalagi Museum ini tempatnya sangat Instagramable banget.


Lukisan dibagian depan Museum


Sebelum masuk kedalam museum kami harus membeli tiket masuk, HTM ke Museum Macan Rp. 50.000,-/orang. Dibagian depan Museum pengunjung disambut dengan dua lukisan yang berukuran sangat besar. 
Infinity Room
Lumayan antri 30 menit
Salah satu karya seni yang paling favorite adalah " Infinity Mirrored Room " karya seniman Jepang, Yayoi Kusuma. Untuk bisa masuk ke ruangan infinity room kami harus rela mengantri panjang selama kurang lebih 30 menit. Waktu dan jumlah pengunjung yang masuk kedalam ruang infinity dibatasi. Sekali masuk infinity room dibatasi untuk dua orang dengan durasi 30 detik. Sayang waktunya terlalu singkat sampai pas kami masuk grogi karena diburu - buru waktu sampai akhirnya saya tidak bisa mendapatkan foto yang maksimal.

Kompak nih
Cerita lucu Ketika kami kesana kami bertemu sekolompok ibu - ibu yang kompak mengenakan kerudung dengan motif Macan hehehe ... Ada juga dua orang ABG yang asik berfoto selfie di depan foto bendera beberapa negara. Kami dan beberapa pengunjung lain mengantri untuk foto dispot itu. Yang bikin saya bingung mereka selfie tapi view belakangnya bukan foto bendera - bendera kan aneh akhirnya saya coba menyapa mereka supaya giliran berfotonya.
"Mba mau foto depan benderanya atau ngak ? kalau ngak saya mau gantian foto didepan benderanya"
" Oh ngak kok mba " ( lalu mereka langsung bergeser )
Eh pas saya ke toilet ketemu lagi sama mereka dan mereka asik foto - foto di toilet hahaha ...
Padahal kan di dalam Museum banyak spot foto yang keren kenapa foto - foto di toilet ckckck kids jaman now.
Officemate
Candid
Lukisan yang berada diruangan pojokan juga bagus untuk dijadikan spot foto yang instagramable banget. Asalkan kita bisa mengambil angle yang tepat dijamin hasil fotonya pasti keren. Menurut saya kebanyakan pengunjung dari Museum Macan tujuannya lebih untuk foto - foto dibandingkan untuk menikmati karya seni atau mempelajari karya seninya termasuk saya dan teman - teman saya    hehehe ...


Setelah selesai menikmati dan puas mengambil foto - foto hasil karya seni di bagian dalam museum kami langsung keluar. Dibagian luar dekat lift terdapat ruang edukasi khusus anak-anak yang di dekorasi oleh Seniman Entang.


Ruang Seni Anak ini dinamai Floating Garden atau Taman Apung. Diruang seni ini disediakan cetakan aluminium yang dapat membantu anak - anak belajar membuat karya seni. Caranya anak - anak hanya perlu menjiplak kertas di cetakan aluminium yang tertempel rapat di meja, kemudian mengarsir kertas dengan pensil warna yang telah disediakan. Hasil karya seni mereka bisa langsung dibawa pulang tanpa dipungut biaya. Taman Apung menjadi spot terakhir kami di Museum Macan. Lumayan lah Museum Macan bisa menjadi alternatif jalan - jalan di akhir pekan.





Comments

Popular posts from this blog

Cerita Horor di Puncak Galau Gunung Kapur Ciampea - Bogor

Cimaja Beach Club, Tempat Nongkrong Asik di Pelabuhan Ratu

Kini Akses Menuju Geopark Ciletuh Lebih Mudah dan Cepat Melalui Jalur Loji